Rabu, 24 Oktober 2012

IKAN SALMON BAIK UNTUK IBU HAMIL


Manfaat Ikan Salmon
ikan salmon adalah ikan yang memiliki warna daging yang menarik, yaitu merah muda dan orange. Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk ibu hamil juga sangat tinggi dibanding ikan lainnya, Manfaat Ikan Salmon untuk ibu hamil lebih tinggi hal ini karena kandungan lemak tak jenuhnya Omega-3 cukup tinggi. Omega-3 adalah lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel otak dan kecerdasan bayi.
Manfaat Ikan Salmon untuk ibu hamildengan mengkonsumsinya ternyata dapat menaikan derajat kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Hasil penelitian para ilmuwan dari University of Granda menunjukkan bahwa konsumsi dua porsi salmon seminggu dapat mempromosikan kesehatan ibu hamil dan bayi secara keseluruhan. Asupan ikan salmon dapat meningkatkan kadar asam lemak omega-3 dan meningkatkan pertahanan antioksidan pada wanita hamil dan bayi. Konsumsi ikan salmon juga diketahui tidak mengubah tingkat stres oksidatif, respon inflamasi dan homeostasis (ketahanan) vaskuler.
Manfaat ikan salmon untuk kecerdasan bayi
Menurut penelitian yang telah dilakukan, bayi yang mendapatkan suplemen makanan dengan tingkat DHA dan ARA (Omega 3 dan Omega 6) dalam dosis tepat terbukti lebih dapat berkonsentrasi daripada mereka yang kekurangan kedua zat itu. Hanya dibutuhkan sekitar dua sampai tiga kali porsi salmon seminggu atau sekitar 200 miligram DHA per hari sudah dapat memenuhi kebutuhan ini. dengan tercukupnya Omega-3 maka lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel otak dan kecerdasan bayi dapat terpenuhi.
Para ahli juga menemukan, biomarker untuk oksidasi lipid dan kerusakan oksidatif pada DNA Tidak dipengaruhi oleh asupan salmon. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa makan dua porsi salmon seminggu selama kehamilan tidak akan meningkatkan stres oksidatif.
Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk ibu hamil
Mengonsumsi minyak ikan salmon sangat dianjurkan, baik buat ibu hamil maupun balita. Sebuah riset kecil oleh University of Western Australia School of Pediatrics and Child Health membuktikan khasiatnya dengan mengonsumsi suplemen yang berisi 4 gram minyak ikan setiap hari sejak usia kehamilan 20 minggu, Manfaat Ikan Salmon untuk ibu hamil yaitu senyawa asam lemak omega-3 di dalam minyak ikan salmon ini terbukti bagus dalam membantu perkembangan mata dan otak janin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar