Rabu, 24 Oktober 2012

BUDIDAYA KURA KURA BRAZIL


KURA KURA BRAZIL
Ciri-ciri umum dari kura-kura Brazil atau red eye slider yaitu memiliki garis berwarna merah (atau kuning-oranye) pada bagian ujung mata hingga menutupi daerah telinga. Garis merah ini akan memudar seiring dengan pertambahan usia kura-kura brazil. Karapas (tempurung atas) berbentuk bulat dan halus yang memiliki pola garis kuning dan hitam. Plastron (tempurung bawah) juga halus serta berwarna hijau kekuningan dengan pola yang berbeda dan unik. Untuk dapat membedakan jantan dan betina dapat dilihat dari ukuran tubuh, betina secara fisik lebih besar daripada jantan. Selain itu, pejantan memiliki cakar/kuku yang lebih panjang dan ekor yang tebal.
Kura-Kura Brazil http://1.bp.blogspot.com
Kondisi Lingkungan Pemeliharaan:
  • Suhu air sekitar 25-27 derajat celcius untuk bayi kura-kura s/d kura-kura muda dan sekitar 24-26 derajat celcius untuk kura-kura dewasa. Jika air terlalu dingin akan menyebabkan kura-kura menjadi tidak aktif , kurang responsif, dan menghilangkan nafsu makan. Sebaliknya, jika suhu air terlalu hangat maka bisa berpotensi meningkatkan bakteri penyakit. Sebaiknya, gunakan air yang sudah diendapkan selama 1 hari.
  • Mendapatkan sinar UV (matahari atau lampu) yang cukup, sinar UV ini berguna untuk menjaga karapasnya tetap kuat. Gunakan lampu UV untuk akuarium indoor atau buat tempat yang benar-benar kering agar kura-kura brazil bisa berjemur (bisa gunakan batu) untuk kolam outdoor.
  • Gunakan tanaman air yang aman dan dapat dimakan oleh kura-kura Brazil seperti Anacharis, Duckweed, Nasturtium, Water Hyacinth, Selada Air, enceng gondok, dan Water Lilies.
Makanan Kura-kura brazil:
  • Sayuran
Tidak perlu pusing untuk makanan yang satu ini karena kura-kura brazil mengonsumsi hampir semua jenis sayuran hijau seperti lettuce, sayuran putih seperti sawi dan juga wortel. Pilihlah sayuran yang mengandung banyak kalsium, sayuran ini sangat baik untuk perkembangan tempurungnya.
  • Pelet
Pelet untuk kura-kura sudah banyak tersedia di pasaran, tinggal pilih mana yang sesuai dengan kura-kura brazil, namun pemberian pelet ini tidak boleh diberikan terus-menerus dan harus diselingi oleh pemberian makanan yang lain.
  • Buah
Kura-kura juga menyukai buah seperti pepaya, pisang dan tomat, namun pemberiannya tidak boleh terlalu sering karena dapat membuat kura-kura sering buang air besar.
  • Cacing dan serangga
Jika hidup di habitat aslinya, kura-kura brazil menyukai beberapa jenis cacing dan serangga seperti jangkrik yang merupakan makanan yang sangat baik untuk kura-kura. Sehingga makanan tersebut bisa dijadikan alternatif selain pelet.
Hindari pemberian daging mentah karena mengandung banyak lemak sehingga dapat menyebabkan kegemukan. Selain itu, daging mentah tidak menyediakan nutrisi yang cukup bagi kura-kura. Berikan daging yang sudah dimasak tanpa bumbu. Untuk ikan, jangan memberikan ikan laut dan ikan yang sudah dibekukan, karena dapat mencegah penyerapan beberapa nutrisi dan dapat menyebabkan masalah jangka panjang.
  • Tulang sotong
Tulang sotong juga bagus karena merupakan sumber kalsium untuk kura-kura. Bisa dibeli di toko-toko hewan termasuk di toko burung karena tulang sotong juga dipakai untuk burung.
Sumber: kurabrazil.com


Source: http://risnotes.com/2012/02/budidaya-kura-kura-brazil/#ixzz2AHP0ex2R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar