Rabu, 17 Oktober 2012

ANEKA UMPAN MEMANCING




UMPAN MEMANCING


Bagi para mania mancing yang sudah menguasai karakter empang dan kolam pancing, mungkin sudah memahami umpan yang cocok dengan empang tersebut. Namun, bagi pemula tentu butuh pengetahuan untuk memakai umpan yang cocok dengan empang tersebut. Seperti diketahui setiap empang memiliki ciri berbeda-beda. Belum lagi warna airnya.  
Umpan khusus buat para mania mancing yang akan memancing di empang dengan air berwarna hijau maupun kuning. Soalnya, umpan ini dapat dipakai dimana saja, artinya tidak berpengaruh dengan warna air. 
Bahan-bahannya terdiri dari; 

1. Lima buah jagung sedang tawar.
2. Ayam brand dua kaleng.
3. Kacang Mede satu ons yang sudah digoreng.
4. Keju ¼ kraft.
5. Telur bebek 10 butir.
6. Susu Dancow satu sachet.

Kemudian bahan-bahan tersebut dijadikan satu lalu diblender sampai halus. Setelah bahan-bahan tersebut halus masukkan ke dalam kantong plastik kemudian kukus selama satu jam. Langkah berikutnya, setelah dikukus diaduk secara merata dan diberi ubi matang yang sudah diparut kemudian aduk lagi. 

Beberapa ramuan umpan ikan berikut ini digunakan untuk satu hari pemancingan. Jika dianggap terlalu banyak maka takaran menu dapat diubah sendiri sesuai dengan perbandingannya.

RAMUAN UMPAN (1)

3 kg ikan mas atau belut

cara membuat :

Bila memakai ikan mas, buang isi perut dan insangnya, kukus hingga masak. Untuk belut, masukan saja ke dalam kantong plastik bening dapat juga ditambahkan daun pandan dan sedikit daun sereh, kukus hingga matang.
Cara pakai cukup diambil dagingnya saja, kaitkan pada kail.

RAMUAN UMPAN (2)

30 Tongkol jagung muda
1,5 ons singkong
0,5 butir kelapa muda
1 blok keju Kraft
Roombutter Weijmans secukupnya
5 butir kuning telur bebek ( boleh tidak dipakai )
3 kg kroto (kroto beras)

Cara membuat :

Jagung, singkong, kelapa muda dan keju diparut lalu dicampurkan dengan sisa bahan dan diaduk rata. Adonan dibungkus rapat dengan alumunium foil. Dikukus selama 2 jam dengan api kecil, air sudah harus mendidih saat adonan dimasukkan. Kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai.
RAMUAN UMPAN (3)5 kg ubi jalar
2kg daging belut
Ocoy (pengeras umpan) secukupnya
2 kg kroto

Cara membuat :

Ubi jalar dikupas. Ubi jalar, daging belut, dan ocoy dicampurkan kemudian dihaluskan dengan blender. Ocoy fungsinya sebagai pengeras. Bila tidak ada, bisa diganti dengan tepung mie atau susu bubuk. Saat akan dipakai, adonan dicampur lagi denagan kroto.

RAMUAN UMPAN (4)

1 kg ubi kuning
20 tongkol jagung manis
1 pak keju Kraft (250 g)
250 gram mentega
3 kaleng ikan tuna
250 gram Bubur bayi Cerelac rasa pisang
10 ekor belut
8 butir telur (bagian kuningnya saja)
Susu murni secukupnya
1 kg kroto

Cara membuat :

Ubi, belut dan parutan jagung manis dikukus terpisah. Untuk jagung kukus setengah matang saja.Parut ubi dan keju, haluskan daging ikan tuna dan daging belut. Campurkan semua bahan di atas tadi aduk hingga rata. Untuk kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai.

RAMUAN UMPAN (5)

2 bungkus Indomie kari ayam
4 butir telur ayam kampung
2 sendok makan penuh bubur bayi Nutrisia beras
1 sendok makan susu bubuk Infamil
2 sendok makan roombutter Weijmans
1 sendok teh keju Kraft
1 sendok teh bubur bayi Cerelac beras

Cara membuat :

Indomie diblender sampai halus lalu diaduk dengan kuning telur yang sudah dikocok. Roombutter dipanaskan sampai mencair. Ke dalamnya lalu dimasukkan keju parut dan diaduk. Pemanasan diteruskan dengan api kecil. Bahan-bahan lain kemudian dicampurkan. Selama pengadukan, api harus tetap kecil supaya adonan tidak hangus. Setelah warnanya agak kuning, bubur bayi Cerelac beras dimasukkan dan diaduk lagi. Adonan didinginkan sebelum dimasukkan kedalam kaleng untuk disimpan. Cerelac berfungsi untuk pengeras umpan. Apabila saat dipakai umpan terlalu lembek ( mudah hancur ), tepung Cerelac dapat ditambahkan lagi. Sebelum dipakai umpan harus dicampur rata dengan telur semut merah atau kroto secukupnya.

RAMUAN UMPAN (6)

1,5 bungkus mie instan
3 sendok makan pelet
2 ons kelapa parut
2 ons ubi jalar putih atau kuning
2 ons ikan tongkol segar atau olahan
1,5 ons susu bubuk full cream
4 butir telur bebek ( mentah atau asin )
1,5 ons keju
2 ons kroto
3 tetes esen nangka

Cara membuat :

Mie instan dan pelet dibuat menjadi tepung, kelapa parut dibuat santan dan digodok sampai keluar minyaknya. Ubi jalar dikupas dan dicuci bersih lalu dikukus sampai matang. Ikan tongkol dicuci bersih dan dikukus sampai matang. Kulit dan duri ikan dibuang kemudian ikan digoreng dengan minyak hasil rebusan santan kelapa.Telur bebek mentah digodok sampai matang dan diambil bagian kuningnya. Keju diparut. Semua campuran bahan diaduk atau ditumbuk bersama susu dan esen sampai benar - benar halus dan tercampur dengan baik. Kroto diseduh dengan air mendidih. kotoran dan semut yang masih ada dibuang lalu ditiriskan dengan sedikit diperas. Kroto dicampurkan dengan umpan pada saat mulai mancing.

RAMUAN UMPAN (7)

2 tongkol jagung manis (sweetcorn ) muda
1,5 ons ubi jalar manis
1 ons singkong
0,5 ons keju Kraft
2 kuning telur ayam kampung
0,5 sendok teh gula pasir
0,5 sendok garam
1 ons kacang tanah
2 ons kacang mete
mentega secukupnya

Cara membuat :

Kacang mete dan kacang tanah digoreng dengan mentega, setelah matang keduanya kemudian diblender sampai benar-benar halus. Jagung muda, ubi jalar, dan singkong dikupas lalu diparut sampai halus demikian juga keju kraft dihaluskan, diaduk jadi satu dengan bahan-bahan yang lain, kemudian dibungkus, dikukus dengan api besar sampai matang. Pada saat digunakan, umpan umpan jagung ini harus dicampur dulu dengan kroto atau daging belut.

RAMUAN UMPAN (8)

3 buah ubi jalar manis
1 kaleng Tuna (Tuna in oil)
2 bungkus Chiki Snack keju
2 bungkus pelet merah
1 tutup botol minyak ikan (Scott’s Emultion White)

Cara membuat :

Kukus ubi jalar, parut dan haluskan. Remas Chiki Snack hingga hancur, campurkan dengan adonan aduk lagi sampai rata. Tuna kaleng dibuka tuangkan minyaknya saja tambahkan sedikit air tuang lagi ke adonan (daging ikan dapat dipakai ke umpan lain). Masukkan pelet dan minyak ikan Scott’s, aduk hingga merata. Campurkan kroto atau daging belut saat akan dipakai.

RAMUAN UMPAN (9)

20 tongkol jagung manis
1/3 kelapa ukuran sedang.
1 kg ubi kuning
1 blok keju Kraft
3/4 sendok makan mentega Weijmans
8 butitr telur bebek
1 liter susu sapi murni.

Bahan campuran lain :
4 ekor bandeng hitam basah
2 Kg kroto putih segar

Cara membuat :

Jagung dan kelapa digiling halus. Ubi kuning dikukus lalu diparut. Keju diparut. Susu sapi dimasak diatas api kecil sambil terus diaduk hingga tinggal 6 sendok makan. Telur bebek ( 5 butir campur dan 3 kuningnya saja ) diaduk dengan mixer pada kecepatan tinggi. Jagung, kelapa, ubi, keju, susu sapi, dan mentega dicampurkan ke adonan telur sambil terus diaduk pada kecepatan tinggi. Umpan siap dipakai. Catatan : Jika akan dipakai mancing pada pagi hari, umpan harus dibuat malam hari dan harus sudah jadi tepat menjelang pagi.
Cara memakai : Kroto puith sebanyak 1/2 dikukus lalu dicampur pelet. Gunakan sebagai bom. Kroto dikukus dengan maksud agar bisa tenggelam. Seperti biasa, sebelum dipasang umpan harus dicampur lagi dengan kroto di bagian luarnya. Jika ikan mas di kolam ternyata menyukai umpan amis, selain kroto, adonan boleh dicampur lagi dengan daging bandeng yang sebelumnya telah dikukus dan dihaluskan. Daging bandeng bisa dicampur langsung ke adonan atau hanya dibagian luar.

RAMUAN UMPAN (10)

2 kg kroto beras
2 butir telur ayam
500 gram tepung ketan
Daun pandan

Cara membuat :

Rendam kroto dengan air panas, bersihkan hingga tersisa yang putihnya saja. Kocok telur, tambahkan tepung ketan, aduk dan ratakan tambahkan sedikit air agar adonan tidak liat (agak encer). Masukkan kroto sedikit demi sedikit, aduk secara perlahan agar kroto tidak terlalu hancur. Gunakan daun pisang untuk membungkus adonan tambahkan daun pandan agar menjadi wangi, jadikan beberapa bungkus kecil. Lalu dikukus dengan api kecil. Saat akan dipakai beri kroto segar, tak perlu diaduk, pulungan umpan cukup diguling-gulingkan saja pada kroto. Jika umpan terlalu lembek dapat ditambahkan pengeras.

RAMUAN UMPAN (11)

150 gram ubi jalar
100 gram singkong
2 tongkol jagung manis
50 gram keju
2 kuning telur ayam kampung
1,5 sendok makan gula
1,5 sendok garam halus
50 gram kacang tanah goreng
50 gram kacang mete goreng

Cara membuat :

Kukus ubi jalar, singkong, dan jagung manis sampai setengah matang. Parut keju kemudian aduk rata bersama kuning telur. Giling kacang tanah dan mete dengan blender, goreng sampai halus. Tambahkan ubi jalar, singkong, jagung yang telah dikukus, keju dicampur kuning telur, garam, dan gula. Blender sekali lagi hingga halus dan tercampur merata. Kukus adonan yang telah diblender diatas cetakan kue beralas daun pisang kurang lebih 30 menit. Campurkan kroto sewaktu akan digunakan.

I. Resep essence Yang pas pada Umpan Mancing Ikan Menurut Cuaca :

MUSIM PANAS :
- essence Diva tenggiri (3cc)
- essence Diva Choya (3cc)
- essence Tuna (2cc)
- essence coconut (2cc)
- essence sereh (1/2 cc) merk golden fish
- pasta pandan (1 sdm)

MUSIM HUJAN :
- essense stroberi (5cc)
- essence nangka (2cc)
- essen tenggiri (1cc)
- essen choya (1cc)
- essen almond (1cc)
- pasta pandan (1 sdm)

MUSIN TEDUH (PENGAP) :
- essen pala (8cc)
- essen nangka (4 cc)
- essen tenggiri 1 cc
- essen choya 1 cc
- vanily cristal 1/4 botol

Umpan mantap saat Gerimis :
-pasta jeruk keprok 4/8 bagian
-pasta nangka 2/8
-essen diva sari laut 1/8
-essen diva choya 1/8
-air 200 ml
-sagu 3 sdm

II. Essen Umpan Mancing Yang Pas Pada siang atau malam hari.

ESSEN SIANG HARI

-essen TENGGIRI 1cc
-essen DURIAN 4cc
-EKSTA JOSS 1 SACHET

essen MALAM HARI

-COFFE MOCCA PASTA 2sdm
-SRAWBERRY PASTA 1sdm
-ESSEN KACANG 3cc
-ESSEN COCONUT 1cc
-ESSEN ALMOND 1,5cc
-ESSEN TENGGIRI 1cc
-VANILI CRISTAL 1 sachet

RESEP UMPAN :
Ramuannya :
1.Pasta Jerok keprok 1 1/2 sdm
2.Pasta Nangka 1 sdm
3.Pasta Santan 1/2 sdm
4.Pasta Vanilly 1/2 sdm
5.Essens choya 3 cc
6.Essens tenggiri 2 cc
7.Essens udang 2 cc
8.Essens jerok keprok 3 cc
9.Essens nangka 3 cc
10.Essens coconute 2 cc
11.Essens wangi butter cookies 2 cc
12.Essens almond 2 cc
13.Sagu secukupnya
14.Air secukupnya


II. Umpan sereh Dan Umpan garlic Untuk ikan patin

UMPAN GARLIC adalah umpan alternatif jika umpan sagu, roti, belut tidak makan…
UMPAN GARLIC :

- bawang putih 5 biji, diblender dengan air yang akan kita gunakan buat campuran sagu.
- essen choya 2 cc
- essen tenggiri 2 cc.
UMPAN SEREH :
- essen tenggiri 2 cc
- essen choya 2 cc
- essen tongkol 2 cc
- essen udang 2 cc
- essen sari laut 2 cc
- essen bulus 2 cc
- essen sereh 1 cc
- pasta pandan 1 sdm

III. Cara buat umpan Wangi dan umpan amis.

Cara Buat WANGI:

1. Jagung (apa saja): 5 Bonggol.
2. Ikin Biru: 1 bungkus.
3. Deho: 1 kaleng.
4. Susu Kental Manis: 1 sachet.
5. Weismanj: 1 sendok kecil.
6. Kacang Mede: 10 Butir.
7. Keju Chedar: 1/4 potong
8. Telur Bebek (kuningnya): 4 butir.
9. Kroto: 3 ons.
10. Pengeras: Kinoy / Mie blender: SCKPNYA.
11. Daun Pandan : 2 Lembar.

Pembuatan:
1. Jagung diprotolin dan dikukus +/- 5 mnt.
2. Ikin kukus +/- 5 mnt.
3. Kacang mede: gongseng.
4. Deho+Susu+Weisman+kacang Mede+Keju+Telur Bebek blender hingga halus.
5. No 4 + 1 + 2 = campur + diaduk + Kroto + Pandan = dikukus 45 menit.
6. No 5 + Pengeras.
7. Mancing deh.

Cara Buat Umpan AMIS

1. Ikin Biru: 1 bungkus.
3. Deho: 1 kaleng.
4. Susu Kental Manis: 1 sachet.
5. Weismanj: 1 sendok kecil.
6. Kacang Mede: 10 Butir.
7. Keju Chedar: 1/4 potong
8. Telur Bebek (kuningnya): 4 butir.
9. Kroto: 3 ons.
10. Pengeras: Kinoy / Mie blender / katulampa/ pellet djempol.

Umpan Mantep Ikan Mas Yang lain.

No.1
100 gram ubi putih
100 gram singkong rambat
100 gram kentang berkulit
4 keping bisluit manis
4 cc Essence Butter Cookies
4 cc Essence Durian
Kroto secukupnya
Caranya :
ubi,singkong dan kroto dikukus sd masak, ubi,biskuit dan kentang berkulit beserta kulitnya  digiling sampai lembut lalu dicampur rata dengan singkong yang diparut, 
masukkan essence, campurkan kroto saat umpan akan dipakai.

No.2
250 gram pelet ikan mas butiran
2 butir telur bebek
1 bungkus tepung telur bebek
2 ekor ikan sarden botan
250 gram kroto
4 cc Essence Vanila
4 cc Essence Paus Oil
caranya :
pelet diseduh dengan air mendidih, ikan sarden dihancurkan tanpa air dan saos, 
kuning telur dan tepung telur bebek diseduh dengan air panas, kroto diseduh dan ditiriskan, masukkan essence, seluruh bahan dicampur hingga rata dan diaduk dengan garpu.

No.3
1 Bungkus Pelet ikan mas
4 cc Essence tongkol
4 cc Essece kepiting
250 gram kroto
caranya :
pelet dicampur air dan dihaluskan, masukan essence, dan kroto dicampur pada umpan.

No.4
1/2 bungkus plet ikan mas
2 buah ubi kuning
1 bungkus sereal vanila
4 cc Essence Fishy Oil
4 cc Essence Tuna Oil

caranya :
pelet dan seral dicampur air dihaluskan, ubi dikukus dan dikupas kulitnya dan dihaluskan, 
campurkan kedua bahan tsb dengan sendok kayu, masukkan essence.

No.5
3 buah ubi putih/kuning
1 bungkus bubur bayi rasa pisang
4 cc Essence Banana special
4 cc Essence Nangka
250 gram kroto

caranya :
ubi dikukus dan diparut, bubur bayi campur air dan diaduk bersama ubi, masukkan essence,  kroto dicampur pada saat umpan akan dipakai.

No.6
1/2 bungkus pelet ikan mas
2 butir telur bebek
15 cc Essence Cumi Oil
4 cc Essence Kacang
4 cc Essence Habi Oil
caranya :
Semua bahan dicampur air dan diaduk sampai rata

No.7
1/2 bungkus pelet ikan mas
1 kaleng kecil ikan sarden
4 cc Essence Vanila
4 cc Essence Cobra oil/Biawak Oil
caranya :
semua bahan dicampur air dan diaduk sampai rata

No.8
1/2 bungkus pelet ikan mas
10 cc Essence Konyaka Blue/Konyaka Red
6 cc Essence Tutti Fruti/Strawbery
15 cc Essence Sea Food
caranya :
semua bahan dicampur air dan diaduk sampai rata

Bahan-Bahan :
1. Pelet 313 1 bungkus
2. Telur ayam 6 butir
3. Kroto 1 ons
4. Tuna Oil 1 kaleng
5. Kinoy Putri 1 bungkus

Cara pengolahannya :
1. Sedu dengan air panas, lalu aduk hingga rata dan kental
2. Pada tempat lain, 6 butir telur yang sudah diambil putihnya saja
Campurkan dengan 1 ons kroto, aduk hingga merata lalu kukus adonan
selama + 30 menit hingga warna berubah menjadi putih
3. Campurkan semua adonan (No. 1 & 2) aduk hingga rata
4. Apabila umpan terlalu lembek dapat dicampurkan dengan kinoy Putri sesuai keinginan
5. Umpan siap digunakan, dapat ditutul kroto sebelum di lempar ke kolam.

A. Umpan Mancing  Ikan Gurame  

1. Jangkrik..
2. Lipas tanah..
3. Pelet 999 / growbes  + susu dancow.
4. Daun Pepaya, daun kangkung, lumut, daun talas.
5. Kroto Besar.
6. Ulat Bambu atau ulat pisang.
7. Pisang manis.
8. Pelet 48s belut keju susu + pelet djempol amis.
9. Pelet Jakarta/wayang/jitu + deha deho wangi/ R52.

Kunci mancing gurame bukan sekedar umpan yang menentukan, tapi setting senar yang tepat, mata kail dan ketinggian yang tepat..sangat membantu..tidak kalah penting tingkat berat beban antara umpan dan pelampung ikut menentukan, yang paling ampuh ukuran mata kail pada mancing gurami adalah 2, 3, 4, dan 5 besar.

B. Umpan Mancing Patin paling ampuh dan jitu.

1.  Pelet 999 / Growbes / 781 / LAJU + Pelet udang halus.
2.  Pelet 48s Belut Keju Susu polosan.
3.  Pelet no.1 yang diatas + Essen belut.
4.  Pelet LAJU + Hipro.
5.  Pelet + kara atau sisa minyak gorengan ikan.
6.  Cacing sampah.
7.  Roti + pelet 999 + EXtra joss sachet.
8.  Pelet Udang + Kuning telur.
9.  Daging Ikan patin rebus digiling + sarden ( dagingnya saja tanpa saos ) kiki dan riri.
10. Daging belut kukus.

Kunci dari semua mancing dikolam campuran ( ada ikan gurami, mas patin dan nila ) adalah tehnik mancing yang baik.
mata pancing adalah kunci utama, timah yang pas untuk mancing kolam adalah timah sahang bulet kecil dan pelampung yang pas bisa dari bulu merak seperti untuk ikan mas dan hindari pelampung gajah walau kolam banyak ikan patinnya karena ikan patin kolam pancing cara makannya sudah mirip ikan mas yang halus, ada juga ikan patin yang langsung ngembat tanpa kompromi.
Untuk ikan gurami biasanya paling cepet tehnik melayang atau 15 - 30 cm tergantung dalam kolam.

Berdasarkan pengalaman ikan patin besar atau gurame besar paling suka mata kail / pancing kecil anta no. 5 dan no.6 besar.
Dan mata kail paling sip alias jarang lepas seperti merk maguro, sasame, dan merk merk ternama yang rada mahal.
ukuran tali pancing adalah berkisar 0.25 atau 028mm untuk ukuran ikan patin dibawah 8 kg.
Dan satu lagi yang patut dicatat adalah ikan yang besar cenderung makan umpan wangi dan ikan kecil paling suka umpan amis seperti nila. jadi kira kira klo umpan amis dikolam campuran pasti cepet dimakan ikan kecil seperti nila.

Satu lagi resep umpan paling jitu dikolam campuran yang banyak nila kecil adalah ragi atau tape ubi.
jika umpan mengandung unsur ragi dan tape dijamin tidak dimakan nila kecil jika target ikan besar..roti dan tanggo vanila dan katulampa kuning paling pas untuk menghindari ikan nila kecil dan jagung manis juga jarang disukai nila.

Semoga berguna buat rekan yang hobbynya mancing seperti admin blog ini, sebagian resep umpan berdasarkan pengalaman dan telah di uji coba, dan sebagian lain dikutip dari berbagai sumber

Sumber : http://aspal-putih.blogspot.com/2011/07/bagi-para-mania-mancing-yang-sudah.html#ixzz12Q9Z5164 
Under Creative Commons License: Attribution

1 komentar:

  1. RUMAH JAWA JOGJA
    -Jual beli rumah joglo dan rumah limasan
    -Jasa bongkar pasang rumah joglo dan rumah limasan
    -Konsultan dan pemborong pembangunan rumah jawa
    kunjungi situs resmi RUMAH JAWA JOGJA dan dapatkan info rumah dijual murah harga mulai 20 jutaan

    BalasHapus